halo sobat bloger,, kali ini saya akan berbagi ilmu mengenai tutorial
membuat bone sederhana dan menyatukannya dgn objek pada blender untuk
pemula. sebelumnya saya akan beritahukan bahwa saya tidak akan
menjelaskan spesifik mengenai tools yg ada karena saya hanya
mengkhususkan untuk pemahaman pemula.
langsung ke intinya saja,, saya dapatkan ilmu ini saat bertemu mater
blender asal surabaya yg saya lupa bertanya siapa namanya karena dia
terburu-buru dan langsung kembali ke surabaya saat itu juga,saat seminar
IOSA 2011,,inilah yg dia ajarkan saat itu, pertama kita buat objek
sederhana seperti gambar di bwah ini dengan melakukan add mesh lalu
pilih cube,, untuk membuat seperti objek di bawah ini kita tinggal click
di tiap titik di persegi yg di atasnya lalu kita tarik ke atas seperti
tutorial membuat objek sederhana yg pernah saya buat sebelumnya,,
lalu kita lakukan masukkan bone ke layar, dengan cara add lalu pilih
arm mature dan pilih single bone,, seperti gambar di bawah ini
setelah kita pilih kenapa bonenya hilang?,, hehe cara suapaya bone
tersebut muncul walau terdapat di dalam objek dengan cara pilih menu yg
sebelah kanan seperti gambar di bawah ini lalu pilih objek data
armature maka akan tampil seperti gambar di bawah ini
lalu pada objek data ini centang pada display “x-ray” agar tulang
tampil walau pun di dalam objek sekalipun seperti di x-ray seperti
gambar berikut ini
setelah tampil lalu kita scale tulang tersebut dengan menekan “S”
pada keyboard untuk scale dan perbesar bone terebut hingga setengah
objek tersebut seperti gambar di bawah ini,, “INGAT BONE TEREBUT HARUS
ADA DI DALAM DAN OBJEK AGAR KITA DAPAT LAKUKAN PENYATUAN OBJEK DI AKHIR
TUTORIAL SEDERHANA INI.”
lalu kita tekan tab untuk melakukan perubahan bone entah
membesarkan,mengecilkan,rotasi dll. sekarang kita akan lakukan extrude
di menu sebelah kanan di modeling atau kita dapat dgn cara menekan “E”
pada keyboard lalu kita tarik ke atas seperti gambar di bawah ini
setelah itu INGAT PASTIKAN BONE TERDAPAT DI DALAM OBJEK DAN TINGGINYA
SAMA DENGAN TINGGI OBJEK SERTA BONE TEREBUT TERDAPAT DI TENGAH OBJEK
AGAR KITA DAPAT LAKUKAN PENYATUAN BONE DAN OBJEK.
ok ikuti instruksi saya,, kita tab agar tampilan kita bebas sehingga
kita dapat memilih objek,, pertama kita pilih objek dengan “click kanan
pada mouse” lalu pilih bone dengan cara tekan “shift”(pada
keyboard)+click kanan (pada mouse)” sehingga kini bone dan objek dalam
keadaan kita pilih. seperti gambar di bawah ini
setelah objek dan bone kita pilih lalu tekan “CTRL+P” pada
keyboarduntuk melakukan parent pada objek dan bone seperti gambar di
bawah ini
setelah itu kita pilih bone dan pada menu di bwah terdapat object
mode kita rubah menjadi pose mode untuk pergerakan bone tersebut seperti
gambar di bawah ini
lalu kita akan melihat hasilnya dengan mencoba gerakkan bone tersebut
setelah merubah objek mode menjadi pose mode,, terlihat si bone menyatu
dengan objek yg kita buat,, seperti gambar di bawah ini
sekian ilmu yg saya dapat bagikan,, maaf jika banyak kekurangan karena kesempurnaan hanya milik tuhan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar