Rabu, 03 Oktober 2012

Tutorial Blender 3

halo sobat bloger,, kali ini saya akan berbagi ilmu mengenai tutorial membuat bone sederhana dan menyatukannya dgn objek pada blender untuk pemula.  sebelumnya saya akan beritahukan bahwa saya tidak akan menjelaskan spesifik mengenai tools yg ada karena saya hanya mengkhususkan untuk pemahaman pemula.

langsung ke intinya saja,, saya dapatkan ilmu ini saat bertemu mater blender asal surabaya yg saya lupa bertanya siapa namanya karena dia terburu-buru dan langsung kembali ke surabaya saat itu juga,saat seminar IOSA 2011,,inilah yg dia ajarkan saat itu, pertama kita buat objek sederhana seperti gambar di bwah ini dengan melakukan add mesh lalu pilih cube,, untuk membuat seperti objek di bawah ini kita tinggal click di tiap titik di persegi yg di atasnya lalu kita tarik ke atas seperti tutorial membuat objek sederhana yg pernah saya buat sebelumnya,,

lalu kita lakukan masukkan bone ke layar, dengan cara add lalu pilih arm mature dan pilih single bone,, seperti gambar di bawah ini

setelah kita pilih kenapa bonenya hilang?,, hehe cara suapaya bone tersebut muncul  walau terdapat di dalam objek dengan cara pilih menu yg sebelah kanan seperti gambar di bawah ini lalu pilih objek data armature maka akan tampil seperti gambar di bawah ini

lalu pada objek data ini centang pada display “x-ray” agar tulang tampil walau pun di dalam objek sekalipun seperti di x-ray seperti gambar berikut ini

setelah tampil lalu kita scale tulang tersebut dengan  menekan “S” pada keyboard  untuk scale dan perbesar bone terebut hingga setengah objek tersebut seperti gambar di bawah ini,, “INGAT BONE TEREBUT HARUS ADA DI DALAM DAN  OBJEK AGAR KITA DAPAT LAKUKAN PENYATUAN OBJEK DI AKHIR TUTORIAL SEDERHANA INI.”

lalu kita tekan tab untuk melakukan perubahan  bone entah membesarkan,mengecilkan,rotasi dll. sekarang kita akan lakukan extrude di menu sebelah kanan di modeling atau kita dapat dgn cara menekan “E” pada keyboard lalu  kita tarik ke atas seperti gambar di bawah ini


setelah itu INGAT PASTIKAN BONE TERDAPAT DI DALAM OBJEK DAN TINGGINYA SAMA DENGAN TINGGI OBJEK SERTA BONE TEREBUT TERDAPAT DI TENGAH OBJEK AGAR KITA DAPAT LAKUKAN PENYATUAN BONE DAN OBJEK.
ok ikuti instruksi saya,, kita tab agar tampilan kita bebas sehingga kita dapat memilih objek,, pertama kita pilih objek dengan “click kanan pada mouse” lalu pilih bone dengan cara tekan “shift”(pada keyboard)+click kanan (pada mouse)” sehingga kini bone dan objek dalam keadaan kita pilih. seperti gambar di bawah ini



setelah objek dan bone kita pilih lalu tekan “CTRL+P” pada keyboarduntuk melakukan parent pada objek dan bone seperti gambar di bawah ini

setelah itu kita pilih bone dan pada menu di bwah terdapat object mode kita rubah menjadi pose mode untuk pergerakan bone tersebut seperti gambar di bawah ini

lalu kita akan melihat hasilnya dengan mencoba gerakkan bone tersebut setelah merubah objek mode menjadi pose mode,, terlihat si bone menyatu dengan objek yg kita buat,,  seperti gambar di bawah ini

sekian ilmu yg saya dapat bagikan,, maaf jika banyak kekurangan karena kesempurnaan hanya milik tuhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar