Sabtu, 07 Januari 2012

Pengenalan WWW Dan Struktur HTML

Sebelum membuat web kita wajib terlebih dahulu  mengenal www dan html ok ok
silakan di simak jangan lupa komentar


A.1. PENGENALAN SEJARAH WWW (WEB)

Web sekarang sudah dikenal banyak manfaatnya sehingga dari jaringan komputer dimanapun kita bisa mengakses data meskipun banyak juga yang mengakses data di internet. Aliran data yang saling bersilangan antar pengakses internet demikian juga antar server dan saling bercampur baur dalam jumlah ribuan buah di internet, namun bisa tetap berjalan baik.
 Model dasar dokumen Web berupa suatu pemikiran atas satu halaman yang berisi text dan grafis dan bisa dikirimkan satu sama lain secara bersilangan atau berbarengan. Hypertext perdana ini telah dapat mengakses dokumen dari kumpulan dokumen (bank data) yang berjumlah beberapa baris dan mengembalikannya.

Vannevar Bush, tahun 1940, dalam artikelnya "As we may think" (seandainya kita  boleh berpikir), menyebutkan visinya atas sebuah komputer yang ditujukan untuk sistem hypertext yang dia sebut "memex".

Penjelasannya yang aneh tentang pencarian informasi di Web berikut link-linknya, memuat apa pemikiran sebuah kebiasaan baru berupa kemudahan memasukan informasi anda sendiri ke dalam jaringan itu, telah mendorong tumbuhnya informasi di dalam jaringan jaringan ini.
Dr. Bush adalah Directur US Office of Scientific Research and Development, dan turut mengkoordinasikan jadwal-jadwal riset disaat perang dunia dulu dan menerapkan science pada perang.

Douglas Engelbart, mendirikan Augmentation Research Center at the Stanford Research Institute (SRI) tahun 1963. Dia diakui secara luas telah memberikan sumbangan pemikiran dalam pengembangan mouse computer, hypertext, groupware, dan teknologi seminal lainnya. Sekarang memimpin Institut Bootstrap,

Ted Nelson mengembangkan sebuah sistem hypertext global yang disebut Xanadu. Bukunya Literary Machines and Dream Machines, yang mengungkapkan hypermedia termasuk branching movies, seperti pada filmnya Czechoslovakian Pavilion yang diputar di Expo tahun 1967.

ACM SIGWEB, membangun SIGLINK, bertahun-tahun menjadi pusat riset perguruan tinggi dalam sistem hypertext, memberikan sponsor beberapa acara konferensi. SIGLINK dibentuk tahun 1989 sebagai kelanjutan dari workshop hypertext tahun 1987 di Chapel Hill, North Carolina.

Bill Atkinson, menciptakan MacPaint, perangkat lunak menggambar berformat bitmap. Menciptakan hypercard yaitu sistem hypertext 1987. berfungsi untuk mempermudah membuat aplikasi grafis hypertext.
Tim Berners-Lee dan Robert Caillau dari CERN, Tahun 1989 mengembangkan sistem informasi yang bisa diakses dari berbagai sistem jaringan komputer berbeda yang ada di lingkungan CERN.
Pada saat itu juga banyak orang telah memakai TeX dan PostScript untuk penulisan dokumennya. beberapa mempergunakan SGML.

Tim Berners-Lee menciptakan bahasa yang bisa di operasikan mempergunakan X-Windows workstation. Kemudian dikenal HTML sebagai suatu solusi sederhana, dan cocok dengan protokol jaringan HTTP.

Web browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web.

Kebanyakan software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan UNIX, dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah menggunakan Windows. Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA (National Center for Supercomputing Applications)

Mei 1993, Marc Andreesen NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.

Tahun 1994, Marc Andreesen dan Jim Clark membuat Netscape versi pertama yang menggantikan kepopuleran Mosaic

Tahun CERN dan MIT mendirikan konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) untuk membangun standar teknologi Web.

A.2. PENGERTIAN WWW

World Wide Web, biasa disebut web, merupakan suatu kumpulan informasi pada beberapa server komputer yang terhubung satu sama lain dalam jaringan internet. Informasi dalam web mempunyai link-link yang menghubungkan informasi tersebut ke informasi lain didalam jaringan internet.
Internet adalah :

v  Jaringan komputer dunia yang meliputi jutaan komputer yang bisa saling bertukar informasi.
v  Perpustakaan terlengkap sedunia
v  Media bisnis yang mudah dan cepat dalam mempromosikan produk
v  Cara mudah menggabungkan LAN yang jauh, jaringan yang menghubungkan mereka untuk mentransfer file yang cepat dan mudah berbagi data dan e-mail.
v  Penyedia informasi berbasis jaringan komputer uang mendunia
Bekerja dengan Web mencakup dua hal yang penting yaitu software web browser ( bertindak sebagai client ) dan software web server ( bertindak sebagai server ).

A.3. HOME PAGE
Home page adalah  :

v  Merupakan halaman pertama dari suatu website yang berisi apa dan siapa dari perusahaan atau organisasi pemilik website tersebut.
v  Juga berisi link-link ke dokumen informasi lebih lanjut tentang isi website tersebut.
v  Sarana untuk memperkenalkan secara singkat tentang apa yang menjadi isi dari keseluruhan website dari suatu organisasi atau pribadi

A.4. HTTP

            Hyper Text Transfer Protokol adalah suatu protokol untuk menentukan aturan yang harus diikuti oleh Web Browser dalam meminta atau mengambil suatu dokumen, dan oleh Web Server dalam menyediakan dokumen yang diminta. Protokol ini merupakan protokol standar yang digunakan untuk mengakses dokumen HTML.

A.5. URL
Uniform Resource Locator adalah suatu sarana yang digunakan untuk menentukan lokasi informasi pada suatu web server. Format umum suatu URL adalah :          

Protokol transfer://nama host/path/namafile

v  Protokol transfer : protokol yang digunakan oleh suatu browser untuk mengambil informasi
v  Nama host : nama dari komputer dimana informasi tersebut tersedia
v  Path/nama file : jalur serta nama file dari suatu informasi

A.6. PROTOKOL TRANSFER
            Protokol transfer adalah suatu protokol yang digunakan untuk pengiriman informasi di internet. Selain HTTP, dalam internet juga dikenal beberapa protokol lain, yaitu :

v  FTP ( File Transfer Protckol ) : protokol yang digunakan untuk memungkinkan pemakai mentransfer file dalam format teks atau biner dalam server komputer di internet
v  Gopher : protokol yang digunakan untuk mengakses server gopher
v  News ( Network News Transfer protocol ) : protokol yang digunakan untuk mendistribusikan berita di Usenet. Usenet adalah sistem yang dirancang sebagai forum diskusi dengan didasarkan pada topik-topik yang disebut newsgroup.
v  Telnet : protokol yang digunakan untuk login ke suatu server komputer

TCP/IP ( Transmission Control Protocol / Internet Protocol ) merupakan protokol standar untuk internet. Protokol-protokol yang berada diatas TCP/IP adalah :

v  HTTP ( HyperText Transfer Protocol ) : merupakan protokol untuk aplikasi World wide Web.
v  FTP ( File Transfer Protocol ) : protokol yang dipakai dalam transfer  ( upload dan download ) file melalui internet.
v  SMTP ( Simple Mail Transfer Protocol ) : protokol yang dipakai untuk mengirim e-mail.
v  POP ( Post Office Protocol ) : protokol yang dipakai untuk menerima e-mail.
v  NTTP ( News Transfer Protocol ) : untuk aplikasi Usenet ( berita ).

A.7. DNS

            Komputer-komputer di internet menggunakan suatu format penamaan standar  untuk mempermudah pengelolaan server komputer di internet yang berkembang dengan cepat. Sistem penamaan server komputer ini adalah Domain Name System ( DNS ). Beberapa nama domain beserta jenis organisasinya :

Nama Domain
Jenis Organisasi
Contoh
com
Organisasi Komersial
edu
Lembaga Pendidikan
gov
Lembaga Pemerintah
Whitehouse.gov
int
Organisasi Internasional

mil
Organisasi Militer
Dt.navy.mil
net
Provider Internet
Rad.net
org
Organisasi Umum
W3.org
au
Organisasi komputer di Australia

ca
Organisasi komputer di Kanada

ch
Organisasi komputer di Swiss

cz
Organisasi komputer di Checna

de
Organisasi komputer di Jerman

es
Organisasi komputer di Spanyol

fi
Organisasi komputer di Finlandia

fr
Organisasi komputer di Perancis

id
Organisasi komputer di Indonesia
ie
Organisasi komputer di Irlandia

it
Organisasi komputer di Itali

jp
Organisasi komputer di Jepang

nl
Organisasi komputer di Nederland

no
Organisasi komputer di Norwegia

ru
Organisasi komputer di Rusia

su
Organisasi komputer di Uni Soviet

tw
Organisasi komputer di Taiwan

uk
Organisasi komputer di Inggris

us
Organisasi komputer di Amerika


B.1. SEJARAH HTML

 Tahun 1980, IBM memikirkan pembuatan suatu dokumen yang akan mengenali setiap elemen dari dokumen dengan suatu tanda tertentu. IBM kemudian mengembangkan suatu jenis bahasa yang menggabungkan teks dengan perintah-perintah pemformatan dokumen. Bahasa ini dinamakan Markup Langiage, sebuah bahasa yang menggunakan tanda-tanda sebagai basisnya. IBM menamakan sistemnya ini sebagai Generalized Markup Language atau GML.

v  Tahun 1986, ISO menyatakan bahwa IBM memiliki suatu konsep tentang dokumen yang sangat baik, dan kemudian mengeluarkan suatu publikasi ( ISO 8879 ) yang menyatakan markup language sebagai standar untuk pembuatan dokumen-dokumen. ISO membuat bahasa ini dari GML milik IBM, tetapi memberinya nama lain, yaitu SGML ( Standard Generalized Markup Language ).
v  ISO dalam publikasinya meyakini bahwa SGML akan sangat berguna untuk pemrosesan informasi teks dan sistem-sistem perkantoran. Tetapi diluar perkiraan ISO, SGML dan terutama subset dari SGML, yaitu HTML juga berguna untuk menjelajahi internet. Khususnya  bagi mereka yang menggunakan World Wide Web.

B.2. PENGANTAR HTML

HyperText Markup Language merupakan standard bahasa yang digunakan untuk menampilkan document web, yang biasa anda lakukan dengan HTML yaitu :

  • Mengontrol tampilan dari web page dan contentnya.
  • Mempublikasikan document secara online sehingga bisa di akses dari seluruh dunia.
  • Membuat online form yang bisa di gunakan untuk menangani pendaftaran, transaksi secara online.
  • Menambahkan object-object seperti image, audi, video dan juga java applet dalam document HTML.
Dokumen HTML disebut sebagai markup language karena mengandung tanda-tanda tertentu yang digunakan untuk menentukan tampilan suatu teks tersebut dalam suatu dokumen.

Dokumen HTML disebut sebagai hypertext, ini berarti suatu dokumen tidak harus dibaca secara berurutan dari atas ke bawah. Dokumen dapat dibaca langsung menuju ke topik tertentu secara langsung dalam dokumen dengan menggunakan teks penghubung.

B.3. STRUKTUR DOKUMEN HTML
            Dalam  dokumen HTML, elemen dibagi menjadi tiga kategori utama, yaitu :

1.    Elemen <HTML> yang menyatakan suatu dokumen HTML
2.    Elemen-elemen <HEAD> yang memberikan informasi tentang dokumen tersebut, seperti judul dokumen atau hubungannya dengan dokumen lain
3.    Elemen-elemen <BODY> yang menentukan bagaimana isi suatu dokumen ditampilkan oleh browser, seperti paragraf, list (daftar), tabel dan lain-lain.

Jenis Dokumen              <HTML></HTML> (terdapat pada awal dan akhir dari file HTML)
Judul                   <TITLE></TITLE> (harus selalu terdapat pada mukadimah)
Header                 <HEAD></HEAD> (keterangan umum, seperti judul dsb.)
Batang Tubuh    <BODY></BODY> (isi dari halaman HTML)

 Struktur dokumen HTML terlihat seperti berikut ini :

<HTML>

     <HEAD>

     *** Bagian HEAD ***

     </HEAD>

     <BODY>

     *** Bagian  BODY ***                                      

</BODY>

</HTML>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar